#1

Hari ini, 1 Maret 2023. 

Januari dan Februari di 2023 sudah dilewati. Tapi kisah-kisah nya cukup menjadi sebuah pelajaran berarti. 

Tahun ini, 2023. akan menjadi hari bersejarah dalam hidup saya. Karena tahun ini merupakan tahun dimana saya akan menyelesaikan masa studi pendidikan D4 dan menyandang gelar sebagai Sarjana Terapan Teknik, Insyaa Allah. 
Tentu tidak mudah, berawal di tahun 2019 dengan segala ambisi saya untuk mengejar bangku perkuliahan di perguruan tinggi negeri. Bukan apa apa, alasan saat itu hanya tidak ingin memberatkan keluarga untuk membiayai perkuliahan yang akan dijalani 4 tahun kedepan. 

Masih ingat saat itu, saya membuka website pengumuman seleksi mandiri polban dengan wajah cemas dan siap untuk ditolak. Dengan mencoba menenangkan diri dan berpikir, "Oke, kerja aja, kuliah urusan nanti." Walaupun dalam hati, "ngga, sekarang aja, nanti keburu males." Akhirnya setelah dibuka, Qadarullah wa maa sya'a fa'al, saya dinyatakan diterima di program studi yang saya pilih. 

Tidak bisa dideskripsikan kebahagiaan saya saat itu, kedua orang tua juga sangat senang mendengar kabar tersebut. Saya berpikir jauh, dan membayangkan masa perkuliahan 4 tahun kedepan, pasti akan menyenangkan, dapat teman baru, pengalaman baru dan lain sebagainya. (walaupun setelah dijalani, rasanya tidak semulus itu hehe)

Qadarullah, pandemi 2020 melanda, baru 1 semester kami lewati ditambah 1 bulan masa perkuliahan semester 2, kami sudah harus dipulangkan dari kampus dan kuliah online dari rumah. 

Tahun 2022, kami sudah mulai kembali ke kampus, berawal dari kuliah hybrid (1 hari di kampus, 1 hari dirumah) kemudian kuliah luring full sampai saat ini. 

Sekarang, saya sedang disibukkan dengan penyelesaian Tugas Akhir sebagai salah satu syarat menyelesaikan pendidikan D4. Semester ini, cukup berat. 2 bulan terlewati rasanya banyak air mata yang saya keluarkan dalam proses Tugas Akhir ini. Tapi dibalik semua air mata dan masalah itu, selalu ada jalan keluar nya. Dan selalu, kebahagian hadir setelahnya. Alhamdulillaahiladzhi bi ni'matihi tatimusshalihaat...  





Komentar

Postingan populer dari blog ini

#2